KEUTAMAAN HAJI DAN UMRAH

Bismillah,

Alhamdulillah,

Sangat banyak keutamaan haji dan umrah yang disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam melalui haditsnya.

Berikut kami sampaikan beberapa diantaranya

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Pembahasan hadits ini akan ditinjau dari beberapa sisi:

1. Takhrij hadits

Imam al-Bukhari telah mengeluarkan hadits ini (di dalam Shahih-nya) pada Abwabul Umrah (bab-bab tentang umrah), yaitu pada Babu Wujubil Umrah wa Fadhliha (bab tentang wajibnya umrah dan keutamaannya), nomor 1773. Dan dikeluarkan pula oleh Imam Muslim (di dalam Shahih-nya pula), nomor 1349; dari jalan Sumayy budak Abi Bakar bin Abdurrahman, dari Abu Shalih as-Samman, dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, secara marfu’ (sampai kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam).

2. Keutamaan memperbanyak ibadah umrah

Hadits ini merupakan dalil yang menunjukkan keutamaan memperbanyak ibadah umrah. Hal ini disebabkan umrah memiliki keutamaan yang agung, yaitu dapat menggugurkan dan menghapuskan dosa-dosa. Hanya saja, mayoritas ulama menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah dosa-dosa kecil, dan tidak termasuk dosa-dosa besar.

Kemudian, kebanyakan para ulama pun menyatakan bolehnya (seseorang) mempersering dan mengulang-ulang ibadah umrah ini dalam setahun sebanyak dua kali ataupun lebih. Dan hadits ini jelas menunjukkan hal tersebut, sebagaimana diterangkan pula oleh Ibnu Taimiyah. Karena memang hadits ini jelas dalam hal pembedaan antara ibadah haji dan umrah. Juga, karena jika umrah hanya boleh dilakukan sekali saja dalam setahun, niscaya (hukumnya) sama seperti ibadah haji, dan jika demikian seharusnya (dalam hadits) disebutkan, “Ibadah haji ke ibadah haji berikutnya…”. Namun, tatkala Nabi hanya mengatakan “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya…”, maka hal ini menunjukkan bahwa umrah boleh dilakukan (dalam setahun) secara berulang-ulang (beberapa kali), dan umrah tidaklah sama dengan haji.

Dan hal lain pula yang membedakan antara haji dan umrah adalah; umrah tidak memiliki batasan waktu, yang jika seseorang terlewatkan dari batasan waktu tersebut maka umrahnya dihukumi tidak sah, sebagaimana halnya ibadah haji. Jadi, dapat difahami apabila waktu umrah itu mutlak dapat dilakukan kapan saja, maka hal ini menunjukkan bahwa umrah sama sekali tidak menyerupai haji dalam hal keharusan dilakukannya sekali saja dalam setahun (lihat Majmu’ul Fatawa, 26/268-269).

Namun, Imam Malik berkata, “Makruh (hukumnya) seseorang melakukan umrah sebanyak dua kali dalam setahun” (lihat Bidayatul Mujtahid, 2/231). Dan ini juga merupakan pendapat sebagian para ulama salaf, di antara mereka; Ibrahim an-Nakha’i, al-Hasan al-Bashri, Sa’id bin Jubair dan Muhammad bin Sirin. Mereka berdalil; bahwa Nabi dan para sahabatnya tidak melakukan umrah dalam setahun melainkan hanya sekali saja.

Namun, hal ini bukanlah hujjah (dalil). Karena Nabi benar-benar menganjurkan umatnya untuk melakukan umrah, sebagaimana beliau pun menjelaskan keutamaannya. Beliau juga memerintahkan umatnya agar mereka memperbanyak melakukan umrah. Dengan demikian, tegaklah hukum sunnahnya tanpa terkait apapun. Adapun perbuatan beliau, maka hal itu tidak bertentangan dengan perkataannya. Karena ada kalanya beliau meninggalkan sesuatu, padahal sesuatu tersebut disunnahkan, hal itu disebabkan beliau khawatir memberatkan umatnya. Dan ada kemungkinan lain,seperti keadaan beliau yang tersibukkan dengan urusan kaum Muslimin yang bersifat khusus ataupun umum, yang mungkin lebih utama jika dipandang dari sisi manfaatnya yang dapat dirasakan oleh banyak orang.

Dan di antara dalil yang menunjukkan keatamaan mempersering dan memperbanyak umrah adalah hadits Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

تَابِعُوا بين الحجِّ والعمرةِ ، فإنَّهما ينفيانِ الفقرَ والذنوبَ ، كما يَنفي الكيرُ خَبَثَ الحديدِ والذهبِ والفضةِ ، وليس للحجةِ المبرورةِ ثوابٌ إلا الجنةُ

Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umrah (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga” [Hadits ini dikeluarkan oleh Imam at-Tirmidzi (810), dan an-Nasa-i (5/115), dan Ahmad (6/185); dari jalan Abu Khalid alAhmar, ia berkata: Aku mendengar ‘Amr bin Qais, dari ‘Ashim, dari Syaqiq, dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu’anhu secara marfu’. Dan at-Tirmidzi mengatakan: “Hadits hasan shahih gharib dari hadits Ibnu Mas’ud . Hadits ini pada sanadnya terdapat Abu Khalid al-Ahmar, ia bernama Sulaiman bin Hayyan. Dan terdapat pula Ashim bin Abi an-Nujud. Hadits mereka berdua dikategorikan hadits hasan. Karena Abu Khalid al-Ahmar seorang yang shoduqun yukhthi’ (perawi yang banyak benarnya dan terkadang salah dalam haditsnya), sedangkan Ashim bin Abi an-Nujud adalah seorang yang shoduqun lahu awhaam (perawi yang banyak benarnya dan memiliki beberapa kekeliruan dalam haditsnya)].

Sumber

Umrah Plus Turki Bersama PT. Arafah Tamasya Mulia (ATM) Wilayah Kalsel

Yuk umroh plus turki

Upgrade VIP Mekkah
@Pullman Zamzam *5

12 hari All in
*Hanya 34.5jt*
Sekamar berempat
Sekamar bertiga @35.5jt
Sekamar berdua @36.5jt

Jadwal :
Turki 2 hari
Madinah 3 hari
Mekkah 4 hari

Insya Allah ustadz pembimbing
Ustadz Abul Afnan Ayman Abdillah, Lc hafizhahullah

Jadwal keberangkatan insya Allah akhir tahun 2017

Informasi Detail :
HP/WA : 0823-5221-1112
Bambang Oktoprianto Abu Ibrahim
*PT. ARAFAH TAMASYA MULIA*
🏠*Kantor Perwakilan Banjarmasin*
Jl. Sultan Adam RT 25 Ruko no.1
Samping Masjid At Tanwir
Banjarmasin, Kalsel
Phone : 0511-6724499
Website : www.ATMKALSEL.com
Izin Kemenag : D/619 Tahun 2014

Biaya Pembuatan Paspor

Paspor adalah salah satu dokumen yang sangat penting untuk bepergian ke luar negeri, maka sangat diwajibkan bagi warga negara untuk memiliki paspor sebelum pergi ke luar negeri. Namun untuk membuat sebuah paspor memang harus berkorban waktu dan uang. Berikut ini adalah list masa berlaku dan biaya pembuatan :

A. Masa Berlaku :

1. Masa berlaku sebuah Paspor paling lama yaitu dari 3 sampai 5 (lima) dari tahun sejak tanggal diterbitkan.
2. Masa berlaku Paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannnya.
3. Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada point 2 ditentukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

B. Biaya :

1. Paspor biasa 48 halaman Rp. 300.000,-
2. Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman Rp. 600.000,-
3. Paspor biasa 24 halaman Rp. 100.000,-
4. Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman Rp. 350.000,- (*saat ini belum tersedia)
5. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 200.000,-
6. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 100.000,-
7. Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 800.000,-
8. Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 350.000,-
9. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 600.000,-
10. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 300.000,-
11. Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 1.200.000,-
12. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 100.000,-
13. Paspor biasa Elektronis (E-passport) 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 350.000,-
14. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 300.000,-
15. Paspor biasa Elektronis (E-passport) 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 600.000,-
16. Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Penerbitan Paspor berbasis Biometrik Rp. 55.000,-

Semisal anda mau bikin paspor 48halaman maka anda keluarkan biaya paspor 300rb + biaya biometrik 55ribu dan biaya administrasi bank 5rb, jadi total jika anda urus sendiri sebesar 360rb yg harus anda bayar ke bank.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Sumber

Cara Membuat Paspor Secara Online

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki wewenang dari suatu negara yang berisi identitas pemilik paspor yang meliputi foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir, informasi kebagsaan dan informasi lainnya untuk melakukan perjalanan antar negara dengan jangka waktu yang ditentukan.

Paspor biasanya diperlukan saat kita tiba diperbatasan suatu negara untuk memperlihatkan identitas kita sebagai warga asing bagi negara yang kita kunjungi. Paspor akan di beri stempel (cap) atau segel dengan visa yang dilakukan oleh petugas negara setempat. Namun dibeberapa negara tertentu ada perjanjian tertentu dimana warga dari suatu negara tertentu dapat memasuki negara lain dengan dokumen selain paspor.

Untuk membuat sebuah paspor kita harus mendatangi kantor imigrasi terdekat untuk meminta izin pembuatan paspor dengan syarat yang sudah ditentukan, namun seiring berkembangnya teknologi kini sudah tersedia pembuatan paspor secara online. Dan berikut adalah beberapa langkah untuk membuat paspor online.

Note : untuk syarat-syarat pembuatan paspor sudah dijelaskan di artikel Syarat Pembuatan Paspor.

Langkah-langkah membuat paspor secara online.

A. Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi RI

1. langkah pertama ialah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengurus paspor secara online, diantaranya adalah : Anda wajib memiliki akses untuk membuka internet tentunya.

2. Langkah berikutnya kita buka situs Ditjen Imigrasi Indonesia di www.imigrasi.go.id lalu lihat menu bagian atas website tersebut, arahkan kursor mouse ke Layanan Publik – Layanan online – Layanan Paspor Online atau langsung klik gambar seperti dibawah ini yang kami beri warna merah. Klik layanan tersebut lalu kita akan diarahkan ke halaman baru. Lihat gambar berikut.

paspor-online

3. Pada halaman tersebut terdapat beberapa menu dan pilihlah menu yang sesuai dengan yang kita butuhkan. Contohnya kita ingin membuat paspor baru maka klik menu Pra Permohonan Personal. Lalu akan muncul halaman baru. Lihat gambar berikut.

pra-permohonan-paspor-online

4. Dihalaman ini kita diharuskan mengisi formulir yang sudah tersedia. Untuk kolom “Jenis Permohonan” pilih paspor biasa atau paspor yang anda butuhkan mungkin perpanjang ganti halaman atau yang lainnya. Namun untuk kolom “Jenis Paspor” pilih 48H Perorangan. Ada 2 jenis paspor perorangan yakni jenis paspor 48 Halaman ialah paspor umum untuk perorangan, sedangkan paspor 24 Halaman adalah paspor yang umumnya sejak dulu diperuntukkan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

macam-macam-jenis-paspor-online

5. Dihalaman ini anda akan diminta untuk mengisi semua data anda dengan sebenar-benarnya jangan sampai ada yang salah satu huruf atau angka apapun. jika anda sudah yakin dengan isian anda maka anda bisa pilih “Lanjut”. Lihat gambar berikut.

paspor-online-jakarta

6. Setelah itu maka anda harus membayar sejumlah uang yang tertera ke bank BNI, disini anda harus menyetor tunai alias tidak bisa untuk melakukan pembayaran melalui internet banking ataupun ATM, inilah kekurangannya kenapa yang konon namanya online kok masih harus bayar ke bank BNI yang harus antri sesuai ramai atau tidaknya bank tersebut.

7. Jika anda sudah membayar uang melalui bank BNI dan mendapat bukti pembayarannya, maka anda kembali lagi ke layar monitor dan anda bisa memilih tanggal berapa saja yang tersedia untuk anda melakukan foto dan wawancara.

8. Jangan lupa membawa semua dokumen asli yang anda punya dan memakai pakaian yang rapi (jangan warna putih).setelah foto dan wawancara maka paspor akan bisa anda ambil 4 hari setelahnya.

B. Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara & Pembayaran

Setelah anda mengisi data melalui situs Ditjen Imigrasi RI, anda harus datang ke kantor Imigrasi RI pada tempat dan tanggal yang tertera pada “Tanda Terima Pra Permohonan”. Jangan sampai melewati waktu yang ditentukan. walaupun jika pada hari H anda tidak datang karena ada halangan maka anda bisa menjadwalkan kembali paling lambar 7 hari setelahnya. Mungkin anda bertanya apa untungnya membuat paspor secara online dibandingkan dengan membuat paspor manual? Sama-sama harus datang ke kantor Imigrasi juga kan.

jika itu yang anda tanyakan saya akan jawabnya. Keuntungan mengurus secara online kita hanya perlu datang dua kali ke kantor Imigrasi, kedatangan pertama proses foto dan wawancara. Dan kedatangan kedua hanya untuk mengambil paspor saja. Sedangkan bila kita mengurus secara manual kita harus datang ke kantor imigrasi sampai dari pagi pagi buta mengambil antrian dan antri lainnya.

Agar tidak salah saat verifikasi data saya akan memberi beberapa tips agar anda tidak harus bolak-balik.

1. Saat datang ke kantor Imigrasi jangan lupa untuk membawa berkas-berkas asli dan juga foto copy. Anda bisa foto copy disana namun akan memakan waktu karena pastinya harus mengantri.

2. Setelah anda melakukan pembayaran, anda harus melakukan foto dan wawancara yang dilakukan diruangan lain di kantor tersebut. Dan pastikan anda memakai pakaian yang rapih dan pantas. Hanya sekedar saran dari saya saat anda wawancara sebaiknya anda menggunakan kemeja. Setelah selesai pengambilan foto dan wawancara, pihak dari kantor akan menentukan waktu untuk pengambilan paspor. Pastikan anda mengabil paspor dihari yang sudah ditentukan oleh petugas kantor Imigrasi. Jangan sampai terlambat walaupun batas waktu expried nya sampai 30 hari, karena jika lebih dari batas maka paspor anda akan digunting atau dimusnahkan.

C. Pengambilan Paspor

Pengambilan paspor dapat diambil kurang lebih setelah 4 hari terhitung dari mulai proses foto dan wawancara dikantor Imigrasi. Untuk tanggal pengambilan akan ditentukan oleh petugas dari kantor Imigrasi. Saat pengambilan paspor kita bisa lebih santai dan tidak perlu terburu-buru karena kita tidak perlu mengantri lagi, langsung saja serahkan bukti pembayaran ke loket pengambilan paspor. Namun jangan kesiangan juga dan jangan lupa untuk membawa kuitansi bukti pembayaran atau tanda terima pengajuan paspor. Tidak menunggu lama nama anda akan dipanggil oleh bagian loket pengambilan paspor.

Namun jika anda merasa tidak mempunyai waktu dan tidak ingin ribet untuk mengurus seperti yang saya tuturkan diatas, anda bisa menggunakan jasa kami. Kami akan membantu anda dalam mengurus segalanya anda hanya perlu menyerahkan data-data anda dan kami akan mengurus semuanya lalu anda hanya perlu menunggu sambil bercanda dengan keluarga anda tercinta dan menunggu paspor anda jadi. Jangan takut dengan kami karena kami bukan “Calo” yang hanya menyesatkan, karena kantor kami telah resmi bekerja sama dengan pihak kantor Imigrasi.

Demikian sedikit penjelasan secara singkat cara membuat paspor secara online dari saya semoga dapat membantu anda dan jangan segan-segan untuk meminta bantuan kami dalam hal kepengurusan paspor.

Sumber

Syarat Pembuatan Paspor

Paspor Republik Indonesia adalah Dokumen Negara yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI untuk mempermudah melakukan perjalanan antarnegara yang memuat identitas pemegang paspor dan berlaku selama jangka waktu yang ditentukan. Berikut dibawah ini adalah syarat pembuatan paspor:

A. Syarat Untuk WNI (Warga Negera Indonesia)
Bagi anda warga asli Indonesia yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir / Ijazah / Buku Nikah.
4. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya)

B. Syarat Untuk Anak WNI (Warga Negera Indonesia)
Bagi anak anda warga asli Indonesia yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (milik Orang Tua).
2. Kartu Susun Keluarga (KSK) milik Orang Tua.
3. Akta Lahir
4. Ijazah
5. Buku Nikah (milik Orang Tua).
6. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya) milik Orang Tua.

C. Syarat Untuk WNA (Warga Negera Asing)
Bagi anda yang bukan warga asli Indonesia (WNA) yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir.
4. Buku Nikah.
5. Surat Bukti Kewarganegaraan (WNI)
6. Surat Keterangan Ganti Nama (Jika Ada)

D. Syarat Untuk Anak WNA (Warga Negera Asing)
Bagi anak anda yang bukan warga asli Indonesia (WNA) yang ingin membuat paspor untuk pergi ke luar negeri berikut persyaratannya :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (milik Orang Tua).
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir.
4. Buku Nikah.
5. Surat Bukti Kewarganegaraan (WNI) milik Orang Tua.
6. Surat Keterangan Ganti Nama (Jika Ada).
7. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya) milik Orang Tua.

E. Syarat Untuk Calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia)
Bagi anda warga asli Indonesia yang ingin menjadi TKI berikut syarat-syarat membuat paspor :
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
2. Kartu Susun Keluarga (KSK).
3. Akta Lahir.
4. Surat Rekomendasi Permohonan Paspor Calon TKI yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi / Kabupaten / Kota.
5. Buku Nikah.
6. Paspor Lama (Bagi yang sudah punya)

Sumber